bnyu crute,,,, di mx motor

MX-ku dulu sering mengeluarkan suara yang ‘tidak senonoh’, tapi ternyata bukan saya aja yang ngalamin, banyak MX Rider lain yang MX-nya mengeluarkan suara aneh dan biasanya disebut suara ‘curut’ karena suaranya mendecit seperti Curut.

Suara curut ini biasanya keluar kalo motor sudah dalam keadaan panas/ lama dipakai dan hanya terdengar kalo mesin sedang idle. Jadi dulu sering kalo dilampu merah merasa risih karena suaranya nyaring banget. untuk menutupinya biasanya kalo sedang di lampu merah gas saya tarik sedikit.

Ada yang bilang kalo Waterpump-nya harus diganti.
Tapi beberapa waktu lalu saya ke bengkel tidak resmi, saya minta air radiator dikuras. waktu montirnya ngeliat tangki recovery radiator MX-ku katanya isinya kepenuhan dan itu menyebabkan mesin cepet panas. Emang sebelumnya saya pernah ngisi tangki recovery sampe penuh karen dikira semakin banyak air radiator semakin baik, tapi ternyata ngga.

Setelah isi tangki dikurangi sesuai batas di tangki bunyi curutnya udah jarang keluar lagi, sekarang bunyinya cuma pada awal motor dijalankan itu juga jarang dan kalau sudah lama dijalankan justru hilang sendiri itu suaranya.

~ oleh bjho05 pada Mei 1, 2009.

Tinggalkan komentar